Google
 

Sunday, August 2, 2009

Sample skin application with source code ( Delphi )

Beberapa waktu lalu, ada teman-teman menanyakan tentang pembuatan skin di program Kamus dan Shollu. Sebenarnya banyak komponen yang tersedia di internet untuk membuat aplikasi/program dengan antarmuka (skin) yang menarik. Misalnya saja AlphaSkins yang juga menyediakan komponen yang gratis. Jika untuk membuat program yang besar, mungkin tidak masalah, tetapi jika hanya ingin membuat program sederhana atau ingin agar tidak selalu bergantung dengan komponen tambahan, maka ada baiknya mencoba membuat skin sendiri. Karena terkadang dengan komponen tambahan, aplikasi yang kita jalankan menjadi lebih/sangat lambat dan banyak memakan memory.

Setelah utak-atik dengan graphics programming, dan berkali-kali try and error, akhirnya jadilah skin yang sederhana tetapi tetap menarik ( menurut saya pribadi… :) ). Selain itu dengan hanya menambahkan file-file bitmap yang total berukuran hanya sekitar 4 KB saja, bisa dihasilkan sekitar 20 macam skin, dan sangat mudah dikembangkan dan ditambah skinnya. Dengan hanya 4 KB tentu tidak banyak menambah ukuran file. Selain itu, proses perubahan skin relatif cepat dan tidak banyak memakan memory komputer, serta jalannya program juga cepat. Berikut sekilas contohnya :


Bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba / mengembangkan sendiri, langsung download sample aplikasi, source code dan exe-nya disini (~59 KB). Sample source code dalam Delphi, diperlukan komponen KOL n MCK yang bisa di download disini. Ada pertanyaan, masukan dan tanggapan silahkan langsung email saja.

1 comment:

I MADE said...

bang ada tutorial cara gunain kol n mck gak?